Cara Mengatur Hari Libur Di Absensi Simpatika

Simpatika merupakan sebuah Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan sebuah layanan online yang diperuntukan bagi Lembaga Pendidikan khususnya Pendidikan Madrasah.
setting hari libur di simpatika

Dengan adanya Layanan Simpatika di harapkan akan mempermudah bagi Pendidik yang berada dalam naungan Kementerian Agama dalam hal program-program yang akan di berikan Pemenrintah untuk karir dan kesejahteraan kehidupan para guru. 

Oleh sebab itu, terbukti mulai tahun 2018 kemarin, Simpatika mengalami beberapa perubahan, baik perbaikan kinerja maupun penambahan fitur. Sampai saat ini saja ada banyak fitur-fitur baru yang di tambahkan, salah satunya adalah seperti Tunjangan GBPNS, tunjangan ini baru diberlakukan pada akhir bulan Desember kemarin. dan kemungkinan untuk tahun sekaranag tunjangan ini masih tetap dipertahankan. silahkan baca "Juknis Tunjangan GBPNS". 

Selain itu juga, Pemerintah menjadikan Layanan Simpatika sebagai acuan dalam perekrutan guru pada program Sertifikasi dan pembayaran tunjangan baik tunjangan Profesi Guru maupun tunjangan Insentif bagi guru yang bukan Pegawai Negeri Sipil dan belum lulus sertifikasi. sedangkan yang menjadi dasar acuan tersebut salah satunya adalah absensi online yang berada di Simpatika.

Menu absensi online ini harus diisi dan di cetak setiap bulannya oleh Admin Madrasah, karena dengan mengisi absensi ini kelayakan guru dalam menerima tunjangan akan terlihat jika absensi ini di isi dengan baik dalam artian tidak melebihi batas yang sudah ditentukan pada Juknis TPG 2019.

Namun sebelum sobat mengisi absensi di simpatika, alangkah baiknya sobat mengatur hari libur terlebih dahulu, agar dalam pengisian nanti tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan jumlah kehadiran guru akan berkurang. Untuk mengatur hari libur di Simpatika silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Set Hari Libur

  • Langkah pertama silahkan sobat login sebagai admin/Kepala Madrasah
  • Setelah berhasil masuk, silahkan klik menu sekolah dan klik menu absensi dan lihat absensi guru
  • Jika sebelumnya sobat belum mengatur hari libur, maka otomatis akan muncup popup pengaturan hari libur, tapi jika sobat sudah mengatur hari libur namun ada perubahan maka silahkan sobat klik icon gir yang berada di pojok kanan 
    absensi guru di simpatika
  • Setelah itu akan tampil pengaturan hari libur, silahkan sobat tentukan hari libur untuk tiap minggunya 
    pengaturan hari libur
  • Klik Simpan


Demikian Panduan singkat ini semoga bermanfaat, dan semoga dengan mengisi hari libur ini pada analisis kelayakan tnjangan sobat menjadi layak.
Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post