Keadaan Jazirah Arab Pra-Islam

Assalamu'alaikum,,,Sobat PM,sebelumnya mimin mau nanya nih,, sobat tahu tidak negara Arab?...yah Negara Arab atau Arab Saudi adalah sebuah sebuah negara yang mencakup hampir kelesuruhan dari wilayah semenanjung Arabia yang berada di Benua Asia Barat luas negaranya di perkirakan mencapai 2.150.000 m2. Negara Arab sekarang sudah dikenal sebagai kerajaan Arab Saudi atau KSA (Kingdom Of Saudi Arabia), dan Negara Arab Saudi juga termasuk Negara terbesar ke lima di Benua Asia. Masyarakatnya mayoritas memeluk Agama Islam dan Negara Arab juga merupakan sebuah negara tempat Nabi Muhammad Saw dilahirkan tepatnya di kota Makkah.
saudi arabia

Sebagian besar Negara Arab tersebut merupakan sebuah wilayah yang di kelilingi oleh hamparan padang pasir yang tandus dan jauh dari mata air. Namun bukan berarti semuanya berupa hamparan padang pasir, ada juga sebagian wilayah yang berupa pegunungan dan perbukitan juga sebagian lagi ada yang berupa dataran rendah dan lembah-lembah yang subur.

Keadaan Alam Jazirah Arab (Arab Saudi)

Berdasarkan keadaan alamnya jazirah Arab terbagi menjadi 5 wilayah diantaranya adalah:
  1. Tihamah, yaitu wilayah guru yang udaranya sangat panas dan berangin tenang
  2. Hijaz, yaitu wilayah yang berupa lembah di celah-celah pegunungan di hijaz dan disinilah 2 kota suci itu berada yakni Mekkah dan Madinah
  3. Najed, yaitu wilayah yang berupa dataran tinggi
  4. Yaman, Sebuah wilayah di Jazirah Arab yang sudah banyak dihuni oleh masyarakat Arab sebelum Islam
  5. Al-Arudh yaitu sebuah wilayah padang pasir luas yang terkenal dengan padang Sahara yang tandus dan gersang

Pembagian Bangsa Arab

Bangsa Arab merupakan bangsa yang besar yang akhirnya bangsa Arab tersebut terbagi menjadi Tiga bagian diantaranya adalah:
  1. Arab Al-Ba'idah, Bangsa arab ini merupakan bangsa kaum 'Ad dan kaum Tsamud
  2. Arab Al-'Aribah, mereka adalah bangsa Arab yang berasal dari keturunan Ya'rib bin Syakib dan disebut juga sebagai bangsa Arab Qathan yang berdomisili di Yaman
  3. Arab Al-Musta'ribah, mereka adalah bangsa Arab yang berasal dari keturunan Nabi ismail AS
Demikian penjelasan singkat ini semoga bisa bermanfaat
Wassalamu'alaiku W.r W.b
Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post