Cara Verval dan Cetak SKAKPT di Simpatika Dengan Mudah

Verval dan cetak SKAKPT - Mamasuki Semester baru pada tahun ajaran ini, Simpatika kembali lagi dengan bebrapa perubahan baik pada fitur maupun kinerja yang ada pada layanan ini, perubahan dan perbaikan tersebut tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kinerja lebih baik lagi.
Verval skakpt
Diantara beberapa perubahan yang ada pada layanan ini salah satunya adalah fitur SKAKPT atau kepanjangan dari Surat Keputusan Analisis Kelayakan Penerima Tunjangan yang baru diberlakukan pada tahun 2018 kemarin.

Penambahan fitur ini merupakan sebuah implementasi dari SK Dirjen Pendis dengan Nomor 7214 tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2019 baca "Juknis TPG 2019". Dimana dalam juknis tersebut salah satunya adalah dilakukan penyederhanaan dalam proses pemberkasan Tunjangan Profesi Guru.

Penerbitan Surat Keputusan Analisis Kelayakan Penerima Tunjangan (SKAKPT) ini berdasarkan dari hasil Verval SKMT dan SKBK yang sudah anda lakukan sebelumnya. silahkan baca " ajuan SKMT oleh PTK"

Walaupun fitur ini tergolong masih baru, namun keberadaan dan kelengkapan data yang ada dalam fitur ini sangatlah penting untuk anda penuhi, terlebih lagi jika anda adalah seorang guru yang sudah lulus sertifikasi dan sudah mendapatkan Sertifikat Pendidik atau sudah mempunyai Nomor egistrasi Guru (NRG). Baca "Cara Verval NRG" maka keberadaan Surat Keputusan ini merupakan salah satu syarat pencairan TPG.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan terlebih dahulu oleh masing-masing PTK diantaranya :
  • Melakukan Verval SKAKPT
  • Menyelesaikan aktivasi dan sebagainya

1. Melakukan Verval

Sebelum anda bisa menggunakan fitur ini, anda harus mengisi dan menyelesaikan verifikasi dan validasi data kepemilikan diantaranya, nomor NPWP, Rekening Bank dan masa kerja golongan (Khusus bagi PNS), untuk caranya adalah sebagai berikut:
  • Tahapan Persiapan
Silahkan anda persiapkan persyaratan seperti yang sudah mimin sebutkan diatas dan jangan lupa untuk men-scan buku rek, NPWP dan SK Golongan bagi guru PNS dengan ukuran minimal 100 kb dan maksimal 1 MB dengan format PNG, GIF, JPG atau JPEG
  • Tahapan Pengisian Verval SKAKPT
Untuk melakukan verval ini silahkan anda lakukan di akun masing-masing PTK
  • Langkah pertama silahkan buka alamat simpatika.kemenag.go.id
  • Silahkan anda login sebagai PTK
  • Setelah dasbord Simpatika terbuka, silahkan anda klik menu SKAKPT
  • Langkah selanjutnya silahkan anda klik icon pensil untuk memulai memasukan data 
    verval skakpt

  • Silahkan anda isi data yang terkait dengan perpajakan yakni Nomor wajib pajak (NPWP) dan unggah file scan NPWP yang sudah anda persiapkan sebelumnya 
  • Isikan data yang terkait dengan perbankan meliputi Nomor Rekening, Nama pada Buku rekening, Nama Bank, Nama cabang bank dan unggah file secan buku tabungan 
    verval skakpt
  • Klik Simpan jika sudah selesai
Silahkan anda cetak ajuan verval SKAKPT ke kantor kemenag masing-masing

2. Menyelesaikan aktivasi dan sebagainya

Surat Keputusan Analisis Kelayakan Tunjangan ini bisa anda cetak jika anda sudah menyelesaikan beberapa tahapan berikut
  1. Sudah menyelesaikan aktivasi seluruh PTK dan Staf
  2. Menyelesaikan Jadwal Mingguan dan Tugas Tambahan
  3. Menyelesaikan Proses pengajuan Keaktifan Kolektif (S25a/S25b)
  4. Menyelesaikan Proses Pengajuan SKMT dan SKBK (S29a/b/c dan S29d/e)
  5. Memeriksa Analisis Kelayakan Tunjangan untuk semua PTK dan Kepala Madrasah penerima tunjangan
Jika proses diatas sudah anda lakukan, silahkan anda melakukan pencetakan SKAKPT di akun masing-masing PTK, sedangkan untuk caranya silahkan anda simak langkah-langkahnya di bawah ini:
  • Langkah pertama silahkan anda login sebagai PTK
  • Setelah anda berhasil masuk, silahkan anda pilih menu SKAKPT, kemudian klik cetak SKAKPT 
    cetak skakpt di simpatika
  • Setelah halaman cetak SKAKPT terbuka silahkan anda mencetaknya pada bulan yang anda inginkan dengn cara klik ikon print disampingnya 
    cetak skakpt di simpatika
  • Selesai, 
Setelah anda berhasil mencetak surat tersebut anda akan mendapatkan Surat Keputusan Analisis Kelayakan Penerima Tunjangan yang berupa S36a atau S36b, silahkan anda pergunakan surat S36a.S36b untuk pemberkasan pencairan Tunjangan Profesi Guru.

Proses pencetakan SKAKPT ini akan dilakukan oleh masing-masing PTK pada setiap bulannya yakni ditanggal 7 bulan berikutnya.

Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post