Silabus PAI Dan BP Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Tahun 2021-2022

Silabus kurikulum 2013 adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian
Silabus PAI Dan BP Kelas 1 SD/MI
Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Kompetensi Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu bahkan Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran

Silabus disusun berdasarkan standar isi yang didalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok/ Pembelajaan, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar.

Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam mengembangkan pembelajaran seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyususnan rencana pembelajaran

Prinsip Pengembangan Silabus


Dalam pengembangan silabus perlu dipertimbangakan beberapa prinsip. Prinsip tersebut merupakan kaidah yang akan menjiwai proses pembelajaran. Terdapat beberapa prinsip yang harus dijadikan dasar dalam pengembangan silabus, diantaranya ialah:

a. Ilmiah

Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

b. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.

c. Sistematis

Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi. 

d. Konsisten

Adanya hubungan yang konsisten (ajak, taat asas) antara kompetensi dasar, indicator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.

e. Memadai

Cakupan indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

f. Aktual dan Kontekstual

Cakupan indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

g. Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

h. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi ( kognitif, afektif, psikomotor)

Komponen-komponen Silabus


Komponen silabus memuat sekurang-kurangnya 10 komponen, untuk mengetahui kesepuluh komponen tersebut silahkan rekan-rekan dapat melihat komponen silabus berikut ini:
  1. Identitas Mata Pelajaran
  2. Identitas Sekolah, memuat nama satuan pendidikan dan kelas.
  3. Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
  4. Kompetensi Dasar (KD), merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
  5. Indikator pencapaian kompetensi, adalah perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
  6. Materi Pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
  7. Pembelajaran, adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
  8. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
  9. Alokasi Waktu, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.
  10. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Download Silabus PAI & BP Kelas 1 SD/MI


Silabus PAI dan BP adalah prangkat rincian detail tentang rencana mengajar guru yang disusun dalam kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Komponen dari silabus PAI & BP antara lain Kompetensi Inti/Standar Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator/Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan

Untuk mempersiapkan Tahun Ajaran 2021/2022, pada kesempatan ini mimin inin berbagi prangkat pembelajaran yang berupa Silabus Pembelajaran mapel PAI dan BP Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum 2013

Oleh karena itu bagi rekan-rekan pojok sekolah yang pada saat ini membutuhkan perangkat Silabus Pembelajaran mapel PAI & BP Kelas 1 SD/MI semester 1 Revisi 2021 silahkan anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut ini
Untuk mengetahui RPP 1 Lembar mapel PAI dan BP Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI silahkan rekan-rekan dapat mengunduhnya melalui tautan berikut
Demikian yang dapat mimin informasikan terkait Silabus PAI Dan BP Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum 2013 edisi Revisi terbaru ini semoga dapat memberikan kemudahan bagi rekan-rekan pojok sekolah dalam mempersiapkan seperangkat administrasi yang wajib di buat oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan

Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post