August 18, 2022

Soal Dan Jawaban ANBK Literasi Dan Numerasi Jenjang SMA, MA Tahun 2022

Soal Dan Jawaban ANBK Literasi Dan Numerasi Jenjang SMA, MA Tahun 2022

Pelaksanaan ANBK Tahun 2022 akan segera dilaksanakan pada waktu dekat ini, untuk itu guna mempersiapkan pelaksanaan ANBK Tahun 2022 di satuan pendidikan jenjang SMA, MA, SMK dan MAK silahkan manfaatkan beberapa contoh soal dan jawaban yang disertai pembahasan ANBK Tahun 2022
Soal Dan Jawaban ANBK
Contoh soal ANBK SMA, MA, SMK, MAK Tahun 2022 ini terdiri dari soal-soal yang memuat tentang Literasi membaca dan Numerasi yang bisa anda manfaatkan dalam mempersiapkan pelaksanaan ANBK jenjang SMA tahun 2022 nanti

Contoh Soal ANBK SMA 2022. Materi ANBK SMA bagian literasi membaca terdiri dari mengakses informasi dalam teks, mencari dan memilih informasi yang relevan, menganalisis perubahan di elemen instrinsik pada teks sastra, menyusun ienferensi, membuat koneksi, dan prediksi pada teks tunggal dan jamak, menilai format penyajian dalam teks, hingga merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan dan mengaitkannya pada pengalaman pribadi.

Sementara itu, materi ANBK SMA bagian numerasi terdiri dari bangun geometri seperti menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola, memahami dan menggunakan perbandingan trigonometri, aljabar seperti menyelesaikan persamaan, pertidaksamaan kuadrat, persamaan linear dua atau tiga variabel, relasi dan fungsi seperti barisan aritmetika dan geometri, fungsi kuadrat, grafik, dan sifatnya, jangkauan, simpangan, dan variansi data, hingga peluang kejadian

Soal ANBK Jenjang SMA Tahun 2022


Untuk mengetahui Contoh Latihan Soal dan Jawaban ANBK Literasi dan Numerasi Jenjang SMA, MA, SMK, MAK Thun 2022, berikut ini mimin berikan gambaran bentuk soal-soal ANBK Tahun 2022 yang bisa anda manfaatkan untuk menambah ilmu dan wawasan tentang Literasi dan Numerasi

Contoh Soal ANBK SMA 2022 Literasi Membaca
Perhatikan teks berikut.
Di hamparan gurun yang seragam, jangan lagi menjadi butiran pasir. Sekalipun nyaman engkau di tengah impitan sesamamu, tak akan ada yang tahu jika kau melayang hilang.

Di lingkungan gurun yang serba serupa, untuk apalagi menjadi kaktus. Sekalipun hijau warnamu, engkau tersebar di mana-mana. Tak ada yang menangis rindu jika kau mati layu.

Di lanskap gurun yang mahaluas, lebih baik tidak menjadi oase. Sekalipun rasanya kau sendiri, burung yang tinggi akan melihat kembaranmu di sana-sini. 

Di tengah gurun yang tertebak, jadilah salju. Embun pagi tak akan kalahkan dinginmu, angin malam akan menggigil ketika melewatimu, oase akan jengah, kaktus akan terperangah. Semua butir pasir akan tahu jika kau pergi, atau sekedar bergerak dua inci.

Dan setiap senti gurun akan terinspirasi, karena kau berani beku dalam panas, kau berani putih meski sendiri, karena kau… berbeda.

Disadur dari Buku Filosofi Kopi karya Dewi Lestari oleh Ruri Irawati
1. Mengapa “engkau” tidak perlu menjadi sebuah kaktus di lingkungan gurun yang serba serupa?
A. Akan ada banyak yang menyamai warnanya.
B. Warnanya belum tersebar di setiap sudut gurun.
C. Tidak akan diketahui jika pergi melayang hilang.
D. Tidak akan ada yang menangis rindu saat mati layu.
E. Tidak akan ada yang bersedih saat terkena badai.
Jawaban: Tidak akan ada yang menangis rindu saat mati layu (D)

2. Apa alasan penulis memilih menggunakan kata ‘salju’?
A. Kata salju mewakili tujuan penulis yang ingin menyampaikan pesan bahwa untuk menjadi kuat harus berani menghadapi cobaan.
B. Kata salju yang berwarna putih dapat diartikan suci, mewakili harapan penulis bahwa seseorang harus menjadi orang baik bagi sekitarnya.
C. Kata salju dipilih penulis untuk mengajak pembaca menjadi seorang yang berani berbeda dan percaya diri, tidak sama dengan orang lain. 
D. Kata salju dipilih penulis untuk menjelaskan bahwa di tengah masyarakat kita harus bisa menjadi orang yang dapat memberikan manfaat.
E. Kata salju dapat mewakili perasaan penulis yang sedang membeku, sedih, dan kecewa karena ditinggalkan oleh teman dan keluarganya.
Jawaban: Kata salju dipilih penulis untuk mengajak pembaca menjadi seorang yang berani berbeda dan percaya diri, tidak sama dengan orang lain. (C)

Contoh Soal ANBK SMA 2022 Literasi Matematika/Numerasi

1. Andi mengikuti kursus academic writing untuk melatih kemampuannya dalam menulis. Academic writing adalah kemampuan menulis karya ilmiah dalam Bahasa Inggris yang mengikuti kaidah Bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk belajar menulis dengan baik, guru meminta Andi untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Kemudian pada minggu-minggu berikutnya Andi harus menambahkan 20 kata untuk setiap minggu.

Andi mendapat tugas untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Pada minggu-minggu berikutnya, Andi harus menambahkan 20 kata setiap minggu. Andi menuliskan teks dengan jumlah kata sesuai dengan permintaan.

Pada minggu ke berapakah Andi menulis teks sebanyak 300 kata?
A. 9
B. 10
C. 11
D. 12
E. 13
Jawaban: 11 (C)

2. Liga Champions 2019/2020, sebuah kompetisi sepak bola di Eropa, telah melewati babak penyisihan grup dengan juara dan runner-up masing-masing grup sebagai berikut.

Untuk babak 16 besar akan dilakukan pengundian tim yang akan bertanding. Aturan undian babak 16 besar adalah juara grup akan bertemu dengan runner-up grup yang tidak berasal dari grup atau negara yang sama.

Pada pengundian lawan PSG di babak 16 besar. Pilih “Benar” atau “Salah” untuk setiap pernyataan berikut ini!
A. Peluang PSG bertemu dengan Dortmund adalah 1/6 [Benar/Salah]
B. Peluang PSG bertemu dengan tim dari Italia adalah 1/3 [Benar/Salah]
C. Peluang PSG tidak bertemu dengan tim dari Inggris adalah 2/3 [Benar/Salah]
D. Peluang PSG bertemu dengan tim dari Jerman adalah 1/6 [Benar/Salah]
Jawaban: A, B, C, D benar

Untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan anda dapat membacaya pada tautan yang sudah mimin sedikan berikut ini
  • Soal ANBK Literasi Dan Numerasi Lihat
Demikian yang dapat mimin bagikan terkait Soal dan Jawaban ANBK Literasi dan Numerasi Jenjang SMA, MA Tahun 2022 ini semoga bermanfaat