August 18, 2022

Unduh POS AKMI Tahun 2022

Unduh POS AKMI Tahun 2022

Unduh POS AKMI Tahun 2022 - Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3634 Tahun 2022 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022

POS AKMI Tahun 2022

Dalam rangka standardisasi penyelenggaraan AKMI, maka disusun suatu Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan AKMI sebagai panduan madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam pelaksanaan AKMI Tahun 2022.

Berdasatkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3634 Tahun 2022 tentang POS Penyelenggaraan AKMI Tahun 2022 pdf dan jadwal AKMI tahun 2022, AKMI bertujuan untuk pemetaan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Sedangkan fungus AKMI adalah sebagai berikut:
  • Bahan pemetaan mutu pendidikan di madrasah
  • Bahan referensi akademik dalam mendiagnosa dan tindak lanjut perbaikan proses pembelajaran.
  • Sebagai bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan madrasah.
Adapun yang menjadi sasaran AKMI adalah siswa kelas 5 (lima) Madrasah Ibtidaiyah, siswa kelas 8 (delapan) Madrasah Tsanawiyah dan siswa kelas 11 (sebelas) Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan.

AKMI sebagai asesmen yang komprehensif dengan sasaran untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya pada jenjang MI, MTs dan MA. 

Hasil asesmen akan digunakan oleh guru dan madrasah sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Melalui AKMI, seluruh civitas madrasah diajak membuka paradigma dalam penguatan pembelajaran berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir atau bernalar, sehingga para lulusan madrasah memiliki keterampilan Iebih tinggi dalam memecahkan masalah-masalah berbasis saintifik dan bersifat humanis

Dinyatakan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3634 Tahun 2022 tentang POS Penyelenggaraan AKMI Tahun 2022 bahwa Peserta AKMi pada satuan Pendidikan
  • Peserta didik yang duduk di kelas 5 (lima) Tahun pelajaran 2022/2023 dari Ml yang menjadi pelaksana AKMI
  • Peserta didik yang duduk di kelas 8 (delapan) Tahun Pelajaran 2022/2023 dari MTs yang menjadi piloting pelaksana AKMI.
  • Peserta didik yang duduk di kelas 11 (sebelas) Tahun Pelajaran 2022/2023 dari MA/MAK yang menjadi piloting pelaksana AKMI.
Adapun Persyaratan Peserta AKMI tahun 2022 adalah sebagi berikut
  1. Peserta didik terdaftar dalam pangkalan data EMIS yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) valid
  2. Peserta didik masih aktif belajar pada MI, MTs dan MA/MAK
  3. Peserta didik duduk di kelas 5 (lima), kelas 8 (delapan), kelas 11 (sebelas) pada saat pelaksanaan AKMI
  4. Peserta didik yang memiliki hambatan bahasa/membaca/ penglihatan tidak wajib mengikuti AKMI
Hak peserta AKMI
  • Setiap peserta AKMI berhak mendapat pelayanan dalam mengikuti AKMI, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Setiap peserta AKMI berhak mendapatkan hasil asesmen dalam bentuk deskripsi diagnosis.
Kewajiban Peserta AKMI
  • Setiap peserta AKMI wajib mengikuti semua literasi (literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya)
  • Setiap peserta asesmen wajib mematuhi tata tertib AKMI.

 Unduh POS AKMI Tahun 2022


Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan rekan-rekan dapat mempelajarinya dengan mengunduh POS AKMI Tahun 2022 pada tautan berikut
Demikian yang dapat mimin bagikan terkait POS AKMI Tahun 2022 ini semoga bermanfaat untuk kita semua