Unduh Soal PAS Kelas 5 SD/MI Tema 1, 2, 3, 4, dan 5 Kurikulum 2013 Tahun 2022/2023 - Pojok Sekolah

Unduh Soal PAS Kelas 5 SD/MI Tema 1, 2, 3, 4, dan 5 Kurikulum 2013 Tahun 2022/2023

Soal PAS Kelas 5 SD/MI Tema 1, 2, 3, 4, dan 5 Kurikulum 2013 - Penilaian Akhir Semester (PAS) kurikulum 2013 merupakan sebuah uji kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan di kelas selama satu semester.
soal pas kelas 5 sd/mi

Ujian semester ini dilakukan 2  kali dalam satu tahun, untuk 6 bulan pertama yakni pada semester I ujian semster ini dinamakan Penilaian Akhir Semester atau Ujian Akhir Semester (PAS/UAS) sedangkan untuk 6 bulan berikutnya atau semester II dinamakan Penilaian Akhir Tahunatau Ujian Kenaikan Kelas (PAT/UKK).

Dengan adanya Penilaian Akhir Semester (PAS) ini seorang guru dapat mengetahui sebatas mana kemampuan peserta didik dalam memahami dan menguasai materi yang diberikan, selain itu juga seorang guru dapat mengevaluasi materi dan metode pembelajaran yang akan diajarkan.

Ujian Akhir Semester yang akan di hadapi oleh peserta didik baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada tahun ini akan menggunakan metode Tematik Terpadu, Metode pembelajaran ini meliputi muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PJOK dan SBdP.

Pembuatan Soal Ujian Semester tersebut berdasarkan dari Kisi-kisi Soal PAS yang sudah di sepakati oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) pada tiap-tiap daerah dari satuan pendidikan.

Kisi-kisi Soal PAS atau Kisi-kisi Soal PAT setiap tahunnya akan dibuat, sehingga dengan adanya kisi-kisi tersebut setiap guru, peserta didik ataupun orang tua siswa dapat mengetahui gambaran soal yang akan diujikan nanti.

Baca Juga :

Soal Penilaian Akhir Semester untuk kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 pada tiap tema terdiri dari berbagai Kompetensi Dasar (KD) dari muatan materi mata pelajaran.

Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) yang akan di ujikan pada semester I bagi kelas 5 meliputi 5 tema, yakni
  • Tema 1 (Indahnya Kebersamaan)
  • Tema 2 (Selalu Berhemat Energi)
  • Tema 3 (Peduli Terhadap Makhluk hidup) 
  • Tema 4 (Berbagai Pekerjaan)
  • Tema 5 (Pahlawanku)
Untuk memperoleh nilai yang maksimal, hendaknya seorang guru melatih peserta didik dengan mengerjakan beberapa soal-soal yang berhubungan dengan materi yang sudah mimin sebutkan diatas, selain itu seorang guru juga bisa memberikan gambaran soal PAS dari kisi-kisi soal PAS kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini mimin ingin berbagi beberapa contoh soal Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk kelas 5 SD/MI, silahkan bagi rekan-rekan Pojok Madrasah yang membutuhkan contoh soal PAS kelas 5 SD/MI kurikulum 2013 bisa mengunduhnya melalui link yang sudah mimin persiapkan di akhir postingan ini

 Soal PAS Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013

Berikut ini beberapa contoh soal PAS Tema 1, 2, 3, 4 dan 5 Kurikulum 2013 untuk kelas 5 SD/MI, silahkan anda unduh pada tautan berikut
Demikian yang dapat mimin bagikan terkait Soal PAS Kelas 5 SD/MI Tema 1, 2, 3, 4 dan 5 Kurikulum 2013 ini, semoga dengan adanya contoh soal PAS tersebut bisa digunakan untuk melatih atau untuk mencari Nilai Harian peserta didik.

Untuk contoh soal PAS Kelas 6 SD/MI kurikulum 2013 akan mimin update pada postingan berikutnya, atau anda bisa lihat Disini

Sedangkan untuk contoh soal PAS kelas 1 SDMI Kurikulum 2013 silahkan anda lihat Disini
Sedangkan untuk contoh soal PAS kelas 2 SDMI Kurikulum 2013 silahkan anda lihat Disini
Sedangkan untuk contoh soal PAS kelas 3 SDMI Kurikulum 2013 silahkan anda lihat Disini

Disqus comments